• Grafika Kreatif Indonesia

Apa itu Kemasan? Apa saja Fungsinya?

Updated: Nov 22, 2020

Seluruh produk yang dijual atau dibeli di pasar pasti menggunakan kemasan, sekalipun itu hanya menggunakan daun pisang, kertas koran, atau plastik polos. Produk apa yang tidak menggunakan kemasan? Sejatinya kemasan adalah pembungkus yang melindungi barang di dalamnya.



Menurut KBBI, kemasan adalah bungkus pelindung bahan dagangan. Dalam bukunya, Klimchuck dan Krasovec menyatakan bahwa kemasan berfungsi untuk membungkus, melindungi, mengirim, menyimpan, mengidentifikasi, dan membedakan sebuah produk dalam pemasarannya.


Seiring berkembangnya teknologi, fungsi kemasan sudah mulai bergeser. Kemasan tak lagi hanya melindungi produk yang dijual, namun kemasan menjual apa yang dilindungi. Perkembangan fungsional kemasan tak hanya berhenti sampai disitu saja. Kemasan menjadi sesuatu yang memiliki banyak fungsi.


Fungsi proteksi

Kemasan harus mampu memberikan perlindungan fisik terhadap isi produk yang ada di dalamnya. Perlindungan fisik yang dimaksud mencakup ketahanan terhadap benturan, tekanan, temperatur, dan sebagainya agar isi produk yang ada di dalamnya tetap dalam keadaan baik.

Fungsi pengelompokkan, penempatan, penyimpanan, dan penghitungan

Barang dari produsen yang sampai ke tangan konsumen pasti melewati proses distribusi. Dalam proses distribusi itu sendiri tak akan terlepas dari kegiatan pengelompokkan, penempatan, penyimpanan, dan penghitungan barang. Bagaimana kemasan tersebut ketika ditumpuk atau dibawa dalam jumlah banyak? Sejatinya, kemasan yang ideal akan memudahkan proses distribusi itu tanpa mengorbankan fungsi proteksi.

Fungsi keamanan

Secara kimiawi, material yang digunakan untuk membungkus suatu produk dapat mencemari isi produk di dalamnya. Oleh karena itu demi keamanan konsumen, sebaiknya suatu kemasan sudah teruji dengan baik.

Fungsi informasi

Kemasan yang ideal memuat informasi yang dibutuhkan oleh khalayak terkait produk yang dikemas. Informasi yang dimaksud seperti tanggal kadaluarsa, komposisi produk, aturan atau cara pemakaian produk, dan elemen-elemen desain lainnya.

Fungsi pemasaran

Selain untuk melindungi produk, kemasan kini mempunyai peran penting dalam pemasaran produk. Kemasan dapat dijadikan sebagai media branding suatu produk. Kepekaan desainer sangat dibutuhkan untuk menciptakan kemasan yang ‘menjual’ dan dapat memvisualisasikan brand tersebut.



Nah, beberapa poin di atas adalah fungsi dari kemasan. Ternyata kemasan mempunyai banyak manfaat kan untuk mendukung bisnis kamu. Kamu membutuhkan kemasan untuk produk kamu? Grafika Kreatif bisa menjadi solusinya. Ceritakan saja kemasan yang kamu butuhkan, kami akan buatkan untuk bisnismu!


20 views0 comments